Dengan body kotak, mesin 3 silinder 1000cc dilengkapi dengan TURBO, ini
mobil termasuk mobil 'gaul' dari kawula muda 80-an. Bahkan sampe
sekarang turbo dan kotak turbo-nya, masih dipakai sama tuner2 untuk
dipasang di mobil2 yang dipakai balap liar atau dimodifikasi ....
HONDA Civic Wonder (1985-1987)
Dengan bentuknya yang kotak, mobil ini biasa disebut Wonder 'Setrika'
dan merupakan mobil 'gaul' pada jamannya. Pemunculan dengan desain yang
berubah cukup ekstrim dibandingkan model sebelumnya (tadinya 4 pintu,
menjadi 2 pintu). Pada tahun 1986, muncul versi Saloon (sedan) 4 pintu.
Dibilang Civic generasi III, dan merupakan generasi Civic yang pertama
yang menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD). Terus terang aja,
sekarang ini nyari spare-part lampu belakang Civic Wonder Setrika susah
banget, karena sudah tidak diproduksi lagi ...
TOYOTA Corolla DX (1980-1983)
Pada jamannya mobil yang berbentuk kotak ini biasa dipakai untuk rally.
Berpenggerak roda belakang, kendaraan dengan kode KF-70 ini bermesin
3K (1300cc). Muncul awal dengan lampu bulat dobel (1980), dengan desain
kaku yang berubah total dari desain sebelumnya, selanjutnya muncul
dengan lampu kotak (1981) dan terakhir dengan lampu kotak yang lebih
besar ...
MITSUBISHI Lancer SL (1982-1984)
Sama juga, mobil berbentuk kotak ini terkenal di kalangan anak2 gaul
tukang ngebut ... tau gak ini mobil onderdil mesinnya bisa tuker2an
sama L-300? :)
MOBIL SEDAN EROPAH
Kalo
mobil Eropah bukannya buat gaul, tapi identik dengan mobil babeh2.
Jadi enggan untuk dipakai sama anak muda buat ngeceng ... tapi kalo
untuk kalangan borju, mobil yang biasa dipake untuk ngeceng ya Mercy seri W-124 (Boxer) atau BMW 318
(model e-30) ... minimal, kalo dateng ngejemput calon pacar atau pacar
udah bikin good impression dulu buat calon mertua, hehehehe =))
Kalo Holden (statesman) ... dipake buat taksi Jakarta - Bandung,
pp ... berhubung ini mobil termasuk ukuran gambot dan pake mesin
minimal 3800 cc ... sekali ngisi bensin, itu bisa 70 liter sendiri ...
KATEGORI JIP
CJ-7 (1980-1985)
Pada jaman taon 80-an, biasanya atap hardtop-nya dilepas (lihat dan
tonton film Catatan si Boy, temennya si Boy (aduh lupa), yang
diperankan oleh Agil Syahriar selalu naik mobil ini). Mesinnya yang
4000cc 6 cyl in-line, merupakan salah satu mesin penenggak bensin yang
kuat ... taon 1983, ada keluar versi Dieselnya yang menggunakan mesin
Isuzu. Biasa di kap mesinnya dipasangi stiker "LAREDO" atau "RENEGADE",
tapi kemaren lewat di Fatmawati sebelah D'Best, lho koq tulisannya
"GUSDUR" ...
Toyota Land Cruiser FJ/BJ-40 (1980-1982)
biasa disebut "Toyota Hardtop", mobil yang identik dengan mobil proyek,
mobil dem2an TNI, atau mobil pejabat ini merupakan mobil yang cukup
tangguh, dan dikenal tidak bisa lari kencang (karena setirnya dibilang
'semi', atau goyang pas lari kencang). Tapi pake mobil ini, bangga bo'
.... meskipun akhirnya, kalo mau ngisi bensin, mesti patungan sama
temen2 ... karena sama seperti CJ-7, kendaraan ini merupakan peminum
bensin nomor wahid ...
Daihastu Taft 'kebo' (1980-1984)
Dengan maskot gambar 'kebo', jip berbentuk kotak ini juga bisa disebut
'Taft Roti'. Cukup irit dan cukup tangguh ... warna yang tersedia waktu
itu cuma biru, coklat, marun dan ijo tentara ... jarang liat warna2
lain ...
Suzuki Jimny
Tipe 'jangkrik' (1980), Super Jimny (1982-1985), dan Suzuki Katana (1987-sekarang)
Ini mobil gile juga ... bayangin aja, dari taon 1982 platformnya dipake
sampe sekarang ... dengan bodi yang kecil dan 4x4, ini mobil sampe
sekarang masih tetap dicari, apalagi yang versi 4x4-nya ...
Memang jip itu identik dengan 'anak kolong' atau 'cross boy', yang
konon (jangan dibalik), bisa menunjukkan kejantanan pemiliknya.
KATEGORI PICK-UP
Suzuki ST-20 (1980-1985)
Tau gak ini mobil ternyata mesinnya yang 80cc tipenya 2-tak (pake oli
samping)? :) Dipake buat kendaraan Angkot (sama2 Daihatsu S-78 dan Honda
Fellowmax). Tapi kalo untuk gaulnya anak2 jaman taon 80-an, biasa
pickup-nya dipasangi tiang gawang alias rollbar, dipasangi jaring dan
pake ban donat .... akhirnya distop produksi, karena muncul Suzuki Carry
Mitsubishi Colt T-120 (1977 - 1982)
Eng-ing-eng ... diiklani oleh pelawak S. Bagyo cs, ini mobil dikenal
termasuk badak dan tahan banting, biasa dipake buat ngangkut sayur dan
barang2 ... sampe akhirnya muncul seri L-300 (1983) yang tetap
everlasting sampe sekarang ...
Chevrolet LUV (1980 - 1984)
Ini adalah Mbah-nya pickup dobel kabin super mewah seperti Mitsubishi
L200 Strada, Ford Ranger, Nissan Frontier seperti sekarang ... bermesin
Diesel Isuzu, ini mobil termasuk kuat meskipun kadang2 suka patah
sasis, gara2 keberatan angkut barang ... yang gile-nya, dibuat versi
Sedan-nya, meskipun bentuknya Culun Banget ...
Toyota Kijang (1976 - sekarang)
Liat aja di Wikipedia ... lebih lengkap, hehehehe =))
TAKSI
Taksi yang populer di taon 80-an, namanya President Taxi berwarna
kuning (makanya ada istilah "Kuning Taksi"), yang belakangan jadi
two-tone (kuning-merah), dan terakhir ganti warna jadi biru telor asin
niru Blue Bird. Berhubung kepemilikannya adalah bersifat pribadi,
biasanya oknum supir2 yang nakal mengakali argometer-nya yang manual
(sistem putar, belum kayak sekarang yang digital) agar berjalan dengan
cepat ... makanya disebut dengan istilah argo kuda.
Selain itu ada Koperasi Taksi yang berwarna bodi hijau dengan bagian
atas merah, Sri Medali yang berwarna putih-biru, Royal City yang
berwarna kuning yang ganti warna hijau muda, Gamya yang belakangan
dibeli group Blue Bird, Steady Safe yang masih berwarna biru tua ...
The Best one ... tetap BLUE BIRD ... masih inget dulu pake Holden Torana, kemudian pake Ford Laser ...
Terus terang aja, supir taksi dari jaman taon 80-an terkenal intelek,
sampe dibuat filemnya "Taksi" dengan bintangnya Rano Karno ...
No comments:
Post a Comment